Press "Enter" to skip to content

4 Keutamaan Idul Adha dan Hari Tasyrik

nasihat 0

annashihah.com

Hari Raya Idul Adha pada tahun ini masih dalam kondisi pandemi sehingga dilaksanakan di rumah masih-masih, seperti yang di arahkan oleh Mentri Agama. Hari Raya idul adha adalah hari Raya umat Islam yang ditandai dengan shalat Ied dan juga dilanjutkan pemotongan hewan qurban. Hari raya idul adha adalah tanggal 10 Dzulhijjah dan tanggal 11,12,13 disebut hari tasyrik, apa itu hari tasyrik?

Hari tasyrik adalah hari yang tidak boleh untuk berpuasa karena disitu masih termasuk hari raya idul adha karena untuk penyembelihan hewan qurban dimulai dari tanggal 10 dan hari tasyrik tanggal 11,12,13.

Pada hari tasyrik itu jamaah haji yang sedang melakukan ibadah di tanah suci berada di Mina untuk melakukan lepar jumrah, yang mana lempar jumroh ini salah satu rangkaian dari ibadah wajib dalam haji.

 

Hari tasyrik adalah hari yang mulia sehingga di hari-hari masih dikumandangkan takbir dan di anjurkan memperbanyak bacaan takbir. Doa apa yang harus dibaca pada hari ini? Salah satu doa yang sangat dianjurkan untuk di baca pada hari tasyrik adalah doa sapujagat.

 

Keutamaan Hari Idul Adha dan Hari Tasyrik

  1. Hari Arafah, Idul Adha dan Hari Tasyrik adalah hari raya umat muslim sebagaimana dalam sebuah hadits Nabi Muhammad shalallahu alaihi wa salam bersabda

 

يَوْمُ عَرَفَةَ وَيَوْمُ النَّحْرِ وَأَيَّامُ التَّشْرِيقِ عِيدُنَا أَهْلَ الإِسْلاَمِ وَهِىَ أَيَّامُ أَكْلٍ وَشُرْبٍ

Artinya “Hari Arafah, hari Idul Adha dan hari-hari Tasyrik adalah Ied(hari raya) umat Islam, dan hari tersebut (idul adha & hari tasyrik) adalah hati menyantap makanan dan minuman”. (H.R Abu Dawud dan di shahihkan oleh Syaikh Al Albani)

 

  1. Hari idul Adha dan hari tasyrik adalah hati yang mulia.

Idul adha dan hari tasyrik mulia sebagimana hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud

 

إِنَّ أَعْظَمَ الأَيَّامِ عِنْدَ اللَّهِ تَبَارَكَ وَتَعَالَى يَوْمُ النَّحْرِ ثُمَّ يَوْمُ الْقَرِّ

 

Artinya “Sesungguhnya hati yang paling disisi Allah tabaaroka wa ta’alaa adalah hari qurban ( Idul Adha) dan hari Qorr(hari tasyrik)”.

Hari tasyrik disebut hari Qorr karena pada hari itu jamaah haji berdiam dimina. Hari tasyrik yang paling baik adalah hari tasyrik yang pertama, kemudia berikutnya dan berikutnya.( Kata Ibnu Rajjab)

 

  1. Hari Idul adha dan hari tasyrik adalah hari untuk menyantap makanan dan minuman

Nabi Muhammad shalallahu alaihi wa salam mengatakan bahwa idul adha dan hari tasyrik adalah hari untuk menikmati makanan bagi kaum muslimin. Beliau shalallahu alaihi wa salam bwrsabda

 

أَيَّامُ التَّشْرِيقِ أَيَّامُ أَكْلٍ وَشُرْبٍ

 

“Hari-hari tasyriq adalah hari untuk menikmati makanan dan minuman.”

Baca Juga Keutamaan Haji

Dalam hadits  lainnya, beliau bersabda,

 

وَأَيَّامُ مِنًى أَيَّامُ أَكْلٍ وَشُرْبٍ

 

“Hari Mina (hari tasyriq) adalah hari menikmati makanan dan minuman.”(H.R Bukhari)

 

  1. Hari Tasyrik adalah hari untuk memperbanyak dzikir kepada Allah

Seperti yang Allah firmankan dalam surat Al Baqarah ayat 203

 

۞ وَٱذْكُرُوا۟ ٱللَّهَ فِىٓ أَيَّامٍ مَّعْدُودَٰتٍ ۚ فَمَن تَعَجَّلَ فِى يَوْمَيْنِ فَلَآ إِثْمَ عَلَيْهِ وَمَن تَأَخَّرَ فَلَآ إِثْمَ عَلَيْهِ ۚ لِمَنِ ٱتَّقَىٰ ۗ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ وَٱعْلَمُوٓا۟ أَنَّكُمْ إِلَيْهِ تُحْشَرُونَ

Latin: Ważkurullāha fī ayyāmim ma’dụdāt, fa man ta’ajjala fī yaumaini fa lā iṡma ‘alaīh, wa man ta`akhkhara fa lā iṡma ‘alaihi limanittaqā, wattaqullāha wa’lamū annakum ilaihi tuḥsyarụn

Artiny Dan berdzikirlah (dengan menyebut) Allah dalam beberapa hari yang berbilang. Barangsiapa yang ingin cepat berangkat (dari Mina) sesudah dua hari, maka tiada dosa baginya. Dan barangsiapa yang ingin menangguhkan (keberangkatannya dari dua hari itu), maka tidak ada dosa pula baginya, bagi orang yang bertakwa. Dan bertakwalah kepada Allah, dan ketahuilah, bahwa kamu akan dikumpulkan kepada-Nya.

Ini menunjukkan adanya perintah berdzikir di hari tasyrik. Lalu apa saja dzikir yang dianjurkan untuk dibaca pada hari tasyrik?

apa itu hari tasyrik,keutamaan dan doa yang dibaca

Dzikir Hari Tasyrik

  1. Berdzikir kepada Allah dengan bertakbir setelah selesai menunaikan shalat wajib.

Bertakbir setelah selesai shalat disyaratkan hingga akhir hari tasyrik sebagaimana pendapat mayoritas ulama. Seperti yang diriwayatkan dari Umar, Ali dan Ibnu Abbas

  1. Memebaca bismillah dan takbir saat menyembelih qurban.

Jadi sebelum menyembelih harus membaca bismillah dan takbir, menyembelih hewan qurban dimulai dari tanggal 10 sampai akhir hari tasyrik (13 Dzulhijjah) sebagian pendapat mayoritas ulama.

  1. Berdzikir kepada Allah saat makan dan minum, sebelum makan baca bismillah dan juga setelah makan memwbaca hamdalah

  2. Bertakbir saat melempar jumrah, ini khusus untuk jamaah haji yang sedang berada di tanah suci.

  3. Memperbanyak bertakbir pada hari tasyrik Karen ini di syariatkan sebagaimana yang dilakukan oleh Umar ketika itu pernah berdzikir di Mina di kemahnya, lalu manusia mendengar. Mereka pun bertakbir dan Mina akhirnya penuh dengan takbir

  4. Bersyukur atas nikmat yang telah Allah karuniakan kepada kita

Baca Juga Amalan bulan dzulhijjah

Doa yang diajarkan untuk dibaca pada hari tasyrik yaitu doa sapu jagat

 

Doa yang diajarkan untuk dibaca pada hari tasyrik yaitu doa sapu jagat

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman

Allah Ta’ala berfirman,

 

فَإِذَا قَضَيْتُمْ مَنَاسِكَكُمْ فَاذْكُرُوا اللَّهَ كَذِكْرِكُمْ آبَاءَكُمْ أَوْ أَشَدَّ ذِكْرًا فَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَقُولُ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا وَمَا لَهُ فِي الآخِرَةِ مِنْ خَلاقٍ, وَمِنْهُمْ مَنْ يَقُولُ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

 

“Apabila kamu telah menyelesaikan ibadah hajimu, maka berzikirlah (dengan menyebut) Allah, sebagaimana kamu menyebut-nyebut (membangga-banggakan) nenek moyangmu, atau (bahkan) berzikirlah lebih banyak dari itu. Maka di antara manusia ada orang yang berdoa: “Ya Tuhan kami, berilah kami (kebaikan) di dunia”, dan tiadalah baginya bahagian (yang menyenangkan) di akhirat. Dan di antara mereka ada orang yang berdoa: “Robbana aatina fid dunya hasanah wa fil akhiroti hasanah wa qina ‘adzaban naar” [Ya Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka].” (QS. Al Baqarah: 200-201)

Dari  ayat in kebanyakan ulama kita mengajarkan untuk membaca doa “Robbana aatina fiddunya Hasanah wa fiil aakhirati Hasanah waqina ‘adzabannaar” di hari tasyrik. Sebagimana yang diungkapkan oleh ‘Ikrimah dan ‘Atho

Dalam doa ini atau doa sapu jagat terkumpul dua kebaikan, kebaikan di dunia dan akhirat. Nabi shalallahu alaihi wa salam paling sering membaca doa ini. Sari Anas bin Malik beliau mengatakan

 

كَانَ أَكْثَرُ دُعَاءِ النَّبِىِّ – صلى الله عليه وسلم – « اللَّهُمَّ رَبَّنَا آتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً ، وَفِى الآخِرَةِ حَسَنَةً ، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ »

 

“Do’a yang paling banyak dibaca oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam “Allahumma Robbana aatina fid dunya hasanah wa fil akhiroti hasanah wa qina ‘adzaban naar” [Wahai Allah, Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka].”(Bukhari dan Muslim)

Do hari Tasyrik setelah idul adha

Di dalam do’a telah terkumpul kebaikan di dunia dan akhirat. Menurut Al Hasan Al Basri beliau mengay “kebaikan di dunia adalah ilmu dan ibadah sedangkan kebaikan akhirat adalah surga”. Menurut Sufyan Ats Tsauri “kebaikan di dunia adalah ilmu dan Rizki yang baik sedangkan kebaikan akhirat adalah surga”.

Baca Manfaat Tauhid

Semoga Bermanfaat dan kita bisa melakukannya di hari tasyrik

 

Refrensi

Tasfsirweb

Rumaysho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *