Press "Enter" to skip to content

Dzikir Pagi dan Petang yang Shahih Beserta Latin dan Terjemah Serta 7 Keutamaan Dzikir Pagi dan Petang

nasihat 0
dzikir pagi dan petang
dzikir pagi dan petang

Dzikir Pagi dan Petang yang Shahih

Dzikir pagi dan petang adalah amalan yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam.

Perintah dzikir pagi dan petang

Banyak sekali dalil yang menunjukan anjuran supaya kita membaca dzikir pagi dan petang, karena dengan berdzikir kepada Allah hati kita akan tenang sebagaimana yang Allah jelaskan dalam al-quran.

Diantara dalil yang menunjukan untuk berdzikir adalah firman Allah dalam surat al Ahzab ayat 41-42

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اذْكُرُوا اللَّهَ ذِكْراً كَثِيراً. وَسَبِّحُوهُ بُكْرَةً وَأَصِيلاً

Artinya “ Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah dengan menyebut nama Allah dzikir yang banyak. Dan bertasbihlah di waktu pagi dan petang”

Dalil yang lain ada di surat Al Mu’minun ayat 55

فَاصْبِرْ إِنَّ وَعْدَ اللَّهِ حَقٌّ وَاسْتَغْفِرْ لِذَنبِكَ وَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ بِالْعَشِيِّ وَالْإِبْكَار

Artinya “Maka bersabarlah kamu karena janji Allah pasti benar, maka mohonlah ampun atas dosamu serta bertasbihlah dengan memuji tuhanmu pada waktu pagi dan petang”

dan surat Qaaf ayat 39.

فَاصْبِرْ عَلَى مَا يَقُولُونَ وَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ قَبْلَ طُلُوعِ الشَّمْسِ وَقَبْلَ الْغُرُوبِ

Artinya “maka bersabarlah kamu atas apa yang mereka katakana dan bertasbihlah dengan memuji tuhanmu sebelum terbit matahari dan sebelum terbenam”

 

Manfaat Dzikir pagi dan petang

Banyak sekali keutamaan seseorang membaca dzikir pagi dan petang seperti akan dijaga oleh Allah, kemudian akan masuk surga, dan amalan ini lebih nabi cintai memerdekakan empat orang budak.

Sebagaimana yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik Radhiyallahu ‘anhu ia berkata Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa slaam bersabda “ Aku duduk bersama orang – orang yang berdzikir kepada Allah dari waktu subuh samapi terbit matahari lebih aku cintai dari memerdekakan budak dari anak ismail. Dan aku duduk bersama orang-orang yang berdzikir kepada Allah dari waktu shalat ashar sampai terbenam matahari lebih aku cintai memerdekakan empat orang budak” (H.R Abu Dawud)

Kapan Waktu membaca dzikir pagi dan petang?

Menurut Ibnu Qoyyim Rahimahullah “ Waktu Dzikir pagi adalah antara habis subuh hingga terbit matahari dan waktu dzikir sore adalah antara habis ashar hingga terbit matahari”

Bacaan Dzikir pagi dan petang sesuai sunnah

  1. Membaca Ta’awudz kemudian ayat kursi (dibaca satu kali)

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ الشَّيْطَانِ الرَّجِيم
teks latin: a’udzubillah himinasyaiton nirrojim

Artinya “Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk”

 

اللَّهُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ، لاَ تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلاَ نَوْمٌ، لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ، مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلاَّ بِإِذْنِهِ، يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ، وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلاَّ بِمَا شَاءَ، وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ، وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا، وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Artinya “Allah tidak adalah sesembahan yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Dia yang Maha Hidup kekallagi terus mengurus makhluk-Nya, tidak ada rasa kantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang ada di langit dan bumi, tidak ada yang bisa memeberi syafaat tanpa ijin-Nya, Dia mengetahui apa yang ada di depan mereka dan yang dibelakang, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apapun dari ilmu-Nya kecuali dengan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, Allah maha tinggi lagi Maha Agung” ( Al BAqarah ayat 255)

baca juga Arti Shalawat Kepada Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa salam dan 3 Keutamaan serta bacaan Shalawat

Keutamaan membaca ayat kursi

“ barangsiapa membaca ayat ini ketika pagi. Maka ia akan dilindungi oleh Allah dari berbagai gangguan hingga sore hari. Dan siapa saja yang membacanya ketika sore, maka ia akan dilindungi hingga pagi”(H.R Al Hakim, dishahihkan oleh syaikh Al Albani)

https://annashihah.com/

  1. Membaca Surat Al Ikhlas, Al Falaq dan An Naas masing-masing 3 kali

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ{1}

اللَّهُ الصَّمَدُ{2}

لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ{3}

وَلَمْ يَكُن لَّهُ كُفُوًا أَحَدٌ{4}

Artinya

“Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang”

{1} Kartakanlah Dialah Allah Yang Maha Esa

{2} Allah adalah tempat meminta segala sesuatu

{3} Dia tidak beranak dan tidakpula diperanakan

{4} Dan tidak ada seorangpun yang setara dengan DIa

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ{1}

مِن شَرِّ مَا خَلَقَ{2}

وَمِن شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ{3}

وَمِن شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ{4}

وَمِن شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ{5}

Artinya “Dengan Menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang”

{1} Katakanlah aku berlindung kepada tuhan yang menguasai subuh

{2} Dari kejahatan makhluk-Nya

{3} Dan dari kejahatan malam apabila gelap gulita

{4} Dan dari kejahatan wanit-wanita tukang sihir yang menghembukan pada buhul-buhul

{5} Dan dari kejahatan orang yang dengki apabila ia dengki

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ{1}

مَلِكِ النَّاسِ{2}

إِلَهِ النَّاسِ{3}

مِن شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ{4}

الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ{5}

مِنَ الْجِنَّةِ وَ النَّاسِ{6}

Artinya “Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang”

  1. Katakanlah aku berlindung kepada tuhannya manusia
  2. Raja manusia
  3. Sesembahan manusia
  4. Dari kejahatan atau bisikan setan yang biasa bersembunyi
  5. Yang membisikan kejahatan ke dalam dada manusia
  6. Dari jin dan manusia

 

Keutamaan

Barangsiapa  membaca tiga surat ini tiga kali setiap pagi dan petang, maka hal itu sudah mencukupinya dari segala sesuatu ( H.R At Tirmidzi)

  1. Membaca Dzikir Pagi ( Doa perlindungan) (1Kali)

أَصْبَحْنَا وَأَصْبَحَ الْمُلْكُ لِلَّهِ، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ، لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ. رَبِّ أَسْأَلُكَ خَيْرَ مَا فِيْ هَذَا الْيَوْمِ وَخَيْرَ مَا بَعْدَهُ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا فِيْ هَذَا الْيَوْمِ وَشَرِّ مَا بَعْدَهُ، رَبِّ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْكَسَلِ وَسُوْءِ الْكِبَرِ، رَبِّ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابٍ فِي النَّارِ وَعَذَابٍ فِي الْقَبْرِ

Teks Lati : Ashbahnaa wa ashbahal mulku lillah walhamdulillah, laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku walahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syaiin qodir. Robbi asaluka khoiro maa fii hadzal yaum wa khoiro maa ba’dahu, wa a’udzu bika min syarri maa fii hadzal yaum wa syarri maa ba’dahu. Robbi a’udzu bika minal kasali wa suil kibar. Robbi a’udzu bika min ‘adzabin fin naari wa ‘adzabin fil qobri.

Artinya “Kami memasuki waktu pagi dan kerajaan hanya milik Allah, tidak ada sesembahan yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Allah, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan dan pujian , Dialah yang maha kuasa atas segala sesuatu, ya Allah aku mohon kepada-Mu kebaikan di hari ini dan sesudahnya. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan hari ini dan sesudahnya. Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari  kemalasan dan kejelekan di  hari tua, ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari siksaan di neraka dan kubur. (H.R  Muslim)

Keutamaan “ dengan doa ini kita meminta kepada Allah kebaikan hari ini dan sesudahnya juga Supaya terhindar dari kejelekan di pagi hari dan sesudahnya. Juga berisi permohonan agar terhindar dari rasa malas padahal mampu untuk beramal serta supaya terhindar dari kejelekan di masa tua. Di dalamnya juga berisi permintaan agar diselamatkan dari siksa neraka dan kubur

  1. Membaca Doa berserah diri (1 Kali)

اَللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا، وَبِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوْتُ وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ

Teks Latin : allahumma bika ashbahnaa wa bika amsaina wabika nahya wa bika namuutu wailaikan nusyur

Artinya “Ya Allah dengan rahmat dan pertolongan-Mu aku masuk waktu pagi, dan dengan rahmat dan pertolongan-Mu kami memasuki waktu sore/petang, dan dengan rahmat dan pertolongan-Mu aku hidup dan dengan kehendak-Mu kami mati. Dan hanya kepada-Mu kami kembali” (H.R At Tirmidzi)

  1. Membaca Sayyidul Istighfar (1 Kali)

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ.

Teks laitin : Allahumma anta robbii laa ilaha illa anta, kholaqtanii wa anaa ‘abduka wa anaa ‘ala ‘ahdika wa wa’dika mas tatho’tu. A’udzu bika min syarri maa shona’tu. Abuu ulaka bi ni’matika ‘alayya wa abuu u bi dzambii. Faghfirlii fainnahu laa yaghfirudz dzunuuba illa anta.

Artinya “Ya Allah sesungguhnya Engkau adalah tuhan kami, tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Engkau. Engkau menciptakanku dan aku adalah hamba-Mu aku akan setia pada perjanjianku dengan Engkau semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan yang aku perbuat, aku mengakui nikmat-Mu kepadaku dan aku mengakui dosaku. Maka ampunilah aku sesungguhnya tidak ada yang dapat mengampuni dosa kecuali Engkau” (H.R Bukhori)

 

Keutamaan membaca sayyidul istighfar

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam bersabda “ Barangsiapamembacanya dengan penuh keyakinan pada sore hari, lalu ia meninggal dunia pada malam itu maka dia masuk surga. Dan demikian juga ketika di baca pada pagi hari” (H.R Bukhori)

  1. Membaca Doa Persaksian (4 Kali)

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَصْبَحْتُ أُشْهِدُكَ وَأُشْهِدُ حَمَلَةَ عَرْشِكَ، وَمَلاَئِكَتَكَ وَجَمِيْعَ خَلْقِكَ، أَنَّكَ أَنْتَ اللهُ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ وَحْدَكَ لاَ شَرِيْكَ لَكَ، وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُكَ وَرَسُوْلُكَ

Teks Latin : alalahumma inni ashbahtu usyhiduka wa usyhudu halata ‘arsyika wajamii’a kholqika annaka antallahu laa ilaa ha illa anta wahdaka laa syarikallaka wa anna muhammadan ‘abduhu w arasuuluka
Artinya “Ya Allah sesungguhnya diwaktu pagi aku memepersaksikan Engkau serta malaikat yang memikul ‘arsy-Mu dan malaikat-malaikat dan seluruh makhluk-Mu. Bahwa sesungguhnya Engkau adalah Allah tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Engkau yang maha kuasa, tidak ada sekutu bagi-Mu. Dan sesungguhnya Muhammad adalah hamba dan utusan-Mu” (H.R Abu Dawud dan An Nasai, Syaikh Bin Baz mengatakan bahwa sanadnya Hasan)

Keutamaan Membaca doa ini

Barangsiapa membaca doa ini ketika pagi dan petang sebanyak empat kali, maka Allah akan membebaskannya dari api neraka. (H.R Abu Dawud dan An Nasai, Syaikh Bin Baz mengatakan bahwa sanadnya Hasan)

  1. Membaca Doa Keselamatan (3 Kali)

 

اَللَّهُمَّ عَافِنِيْ فِيْ بَدَنِيْ، اَللَّهُمَّ عَافِنِيْ فِيْ سَمْعِيْ، اَللَّهُمَّ عَافِنِيْ فِيْ بَصَرِيْ، لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ. اَللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْكُفْرِ وَالْفَقْرِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ، لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ
Teks Latin :allahumma ‘aafinii fiibadanii allahumma ‘aafinii fii sam’ii alaahumma ‘aafinii fiibashorii laa ilaa ha illa anta. Allahumma inni ‘audzubika minal kufri wal faqri wa a’udzubika min ‘adzabil qobri laa ilaa ha illa anta

Artinya “Ya Allah selamatkanlah badanku, ya Allah selamatkanlah pendengaranku, ya Allah selamatkanlah penglihatanku. Tidak ada sesembahan yang berhak disembah dengan benar kecuali Engkau, ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari kekufuran dan kefakiran. Dan aku berlindung kepada-Mu dari azab kubur, Tidak ada sesembahan yang berhak disembah dengan benar kecuali Engkau” (H.R Bukhori dalam Adabul Mufrad, Syaikh Bin Baz mengatakan sanadnya hasan)

  1. Membaca Doa Keselamatan (1 Kali)

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ، اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي دِيْنِيْ وَدُنْيَايَ وَأَهْلِيْ وَمَالِيْ اللَّهُمَّ اسْتُرْ عَوْرَاتِى وَآمِنْ رَوْعَاتِى. اَللَّهُمَّ احْفَظْنِيْ مِنْ بَيْنِ يَدَيَّ، وَمِنْ خَلْفِيْ، وَعَنْ يَمِيْنِيْ وَعَنْ شِمَالِيْ، وَمِنْ فَوْقِيْ، وَأَعُوْذُ بِعَظَمَتِكَ أَنْ أُغْتَالَ مِنْ تَحْتِيْ
Teks Latin : Allahumma innii as-alukal ‘afwa wal ‘aafiyah fid dunyaa wal aakhiroh. Allahumma innii as-alukal ‘afwa wal ‘aafiyah fii diinii wa dun-yaya wa ahlii wa maalii. Allahumas-tur ‘awrootii wa aamin row’aatii. Allahummahfazh-nii mim bayni yadayya wa min kholfii wa ‘an yamiinii wa ‘an syimaalii wa min fawqii wa a’udzu bi ‘azhomatik an ughtala min tahtii.

Artinya “Ya Allah sesungguhnya aku meminta kepada-Mu kesejahteraan dan keselamatan di dunia dan Akhirat, ya Allah aku meminta kepada-Mu kesejahteraan dan keselamatan dalam agamaku, duniaku, keluargaku dan hartaku. Ya Allah tutupilah auratku dan tentramkanlah kau dari rasa takut, ya Allah perihalalah aku dari depan, belakang, kanan, kiri dan atasku. Aku berlindung dengan kebesaran-Mu agar aku tidak tersambar marabahaya dari bawahku” (H.R Abu Dawud dan Ibnu Majah)

Dzikir pagi dan petang

Keutamaan

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam tidak pernah meninggalkan doa ini di pagi dan petang. Di dalamnya berisi perlindungan dan keselamatan pada agama, dunia, keluarga dan harta dari berbagai macam gangguan.

  1. Membaca Doa Perlindungan (1 Kali)

اَللَّهُمَّ عَالِمَ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَاطِرَ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ، رَبَّ كُلِّ شَيْءٍ وَمَلِيْكَهُ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ نَفْسِيْ، وَمِنْ شَرِّ الشَّيْطَانِ وَشِرْكِهِ، وَأَنْ أَقْتَرِفَ عَلَى نَفْسِيْ سُوْءًا أَوْ أَجُرَّهُ إِلَى مُسْلِمٍ

Teks Latin : allahumma ‘aalimal ghaibi wassyahadah faatirassamaawati wal ardhi rabba kulli syai iw wa maliikah laa ilaa ha illa anta ‘audzubika min syarri nafsi wa min syarris syaitono wa syirkih wa an aqtarifa ‘ala nafsii suuan au ajurrahu ilaa muslim

Artinya “ Ya Allah yang maha mengetahui yang ghaib dan yang terlihat, pencipta langit dan bumi, tuhan segala sesuatu dan yang merajainya. Saya bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah dengan benar kecuali Engkau. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukanku dan dari keburukan setan dan balatentaranya dan aku berlindung kepada-Mu dari berbuat kejelakan terhadap diriku atau menyeretnya kepada orang muslim” (H.R At Tirmidzi)

Keutamaan memebaca doa ini

Bahwa doa ini adalah doa yang diajarkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam kepada sahabatnya Abu Bakar AS-Shiddiq radhiyallahu ‘anhu untuk dibaca pada pagi dan petang  serta saat mau tidur

  1. Membaca Doa agar terhindar dari marabahaya (3 Kali)

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Teks Latin “bismillahil ladzi laa yadhurru ma’asmihi syaiun fil ardhi walaa fissamaa’ wa huas sami’ul ‘aliim

Artinya “ Dengan nama Allah yang bila di sebut segala sesuatu di bumi dan langit tidak akan berbahaya. Dialah yang Maha Mendengar lagi Maha Mengatahui”

Keutamanan

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam bersabda “ Barangsiapa membaca doa ini sebanyak tiga kali ketika pagi dan sore, maka tidak ada sesuatupun yang membahayakannya” (H.R At Tirmidzi, Syaikh Bin Baz mengatakan bahwa isnad hadits ini hasan)

  1. Membaca Doa Keridhoan (3 Kali)

رَضِيْتُ بِاللهِ رَبًّا، وَبِاْلإِسْلاَمِ دِيْنًا، وَبِمُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَبِيًّا
teks Latin :  radhiitubillahi rabba wabil islaami diinaa wabi muhammadin shallallahu ‘alaihi wa salama nabiyyaa

Artinya “Aku ridho Allah sebagai tuhanku, Islam agamaku dan Muhammad shallallahu ‘aihi wa salam sebagai nabi dan utusan Allah”

Keutamaan

Rasulullah bersabda “ Barangsiapa memebaca doa ini sebanyak tiga kali pada pagi dan petang, maka Allah memeberikan keridhoan-Nya kepada yang membaca pada hari kiamat” (H.R At Tirmidzi, Syaikh Bin Baz mengatakan hadits ini Hasan)

  1. Membaca Doa Pertolongan (3 Kali)

يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيْثُ، وَأَصْلِحْ لِيْ شَأْنِيْ كُلَّهُ وَلاَ تَكِلْنِيْ إِلَى نَفْسِيْ طَرْفَةَ عَيْنٍ أَبَدًا

Teks Latin :  yaa hayyu ya qayyum birahmatika astahgis ashlihlii sya’nii kullabhu walaa takilnii ilaa nafsii thorfata ‘ainii

Artinya “ Wahai dzat yang Maha Hidup, wahai Dzat yang berdiri sendiri, dengan rahmat-Mu aku memohon pertolongan. Perbaikilah segala urusanku dan jangan Engkau serahkan diriku kepadaku sekalipun hanay sekejap mata (tanpa pertolongan-Mu” (H.R Al Hakim)

Keutamaan

Doa ini adalah doa yang diajarkan Nabi Muhammad Shallallahu ‘ailaihi wa salam kepada putrinya Fatimah supaya dibaca di pagi dan sore hari

  1. Membaca Doa (1 Kali)

أَصْبَحْنَا عَلَى فِطْرَةِ اْلإِسْلاَمِ وَعَلَى كَلِمَةِ اْلإِخْلاَصِ، وَعَلَى دِيْنِ نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَعَلَى مِلَّةِ أَبِيْنَا إِبْرَاهِيْمَ، حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا كَانَ مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ

Teks Latin : ashbahnaa ‘ala fitratil islam wa ‘alaa kalimatil ikhlas wa ‘ala diini nabiyyina muhammadin shallahllahu ‘alaihi wa salam wa ‘ala millati abiina ibrahima haniifan musliman wamaa kaana minal musyrikin

Artinya “Kami memasuki waktu pagi diatas fitrah islam dan kaliamt ikhlas, diatas agama nabi kami Muhammad shallallahu ‘alaihi wa salam dan diatas agama ayah kami Ibrahim yang berdiri di jalan yang lurus, muslim dan bukan termasuk orang musyrik” (H.R Ahmad)

 

  1. Membaca tasbih dan tahmid (100 Kali)

سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ

Subhanallah wa bihamdih.

Artinya “ Maha Suci Allah”

Keutamaan

“Barangsiap mengucapkan kalimat ini Subhanallah wa bihamdih. Di waktu pagi dan petang sebanyak 100 kali, maka tidak ada yang datang pada hari kiamat yang lebih baik darinya kecuali seseorang yang mengucapkannya lebih dari itu” (H.R Muslim)

 baca juga 42 Hadits Arba’in Annawawiyah, Terjemah dan Kosa Kata Hadits

  1. Membaca (100 Kali)

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ

Teks Latin : Laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku walahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qodiir.

Artinya “Tidak ada sesembahan yang berhak disembah dengan benar kecuali Allah saja, tidak ada sekutu bagi-Nya, milik-Nya kerajaan dan pujian. Dan Dia berkuasa atas segala sesuatu”

 

Keutamaan

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam bersabda “ Barangsiapa memebacannya sebanyak 100 kali sehari. Maka ia akan mendapatkan pahala seperti memerdekakan sepuluh budak, di tulis 100 kebaikan, dihapuskan 100 kesalahan, baginya perlindungan dari setan dari pagi hingga petang. Dan tidaklah seorang lebih baik dari itu kecuali yang mengamalkannya lebih dari itru” (H.R Bukhori dan Muslim)

 

  1. Membaca Dzikir pemberat Timbangan (3 Kali)

سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ: عَدَدَ خَلْقِهِ، وَرِضَا نَفْسِهِ، وَزِنَةَ عَرْشِهِ وَمِدَادَ كَلِمَاتِهِ

Teks latin : subhanallahi wabihamdih ‘aadada kholqihi waridhoo nafsihi wazinata ‘arsyihi wamidada kalimaatih

Artinya “ maha suci Allah dan Segala Puji hanay milik-Nya sebanyak makhluknya, sejauh kerelaan-Nya, seberat timbangan ‘arsy-Nya dan sebanyak tinta tulisan-Nya”

Keutamaan

Diriwayatkan dari juwairiyah binti Al Harits radhiyallahu ‘anha, dia berkata Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda padaku “sungguh tadi akau mengucapkan empat kalaimat setelah keluar dari tempat ini. Andai empat kalimat itu ditimbang dengan apa yang kamu baca seharian tadi, sungguh ia sudah menyamainya. Kalimat itu adalah “subhanallahi wabi hamdihi ‘adada kholqihi wa ridho nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi” maha suci Allah dan Segala Puji hanay milik-Nya sebanyak makhluknya, sejauh kerelaan-Nya, seberat timbangan ‘arsy-Nya dan sebanyak tinta tulisan-Nya. ( H.R Muslim)

 

  1. Membaca Doa minta ilmu yang bermanfaat (1 Kali)

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَرِزْقًا طَيِّبًا، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Teks Latin :Allahumma inni asaluka ‘ilman naafi’an wa rizqan thoyyibnan wa ‘amalan mutaqobbala

Artinya “ Ya Allah sesungguhnya aku meminta kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rizki yang baik dan amalan yang diterima”

 

  1. Membaca Istighfar (100 Kali)

أَسْتَغْفِرُ اللهَ وَأَتُوْبُ إِلَيْه
Teks Latin : astaghfirullah wa atubu ilaihi

Artinya “ Aku memohon ampun kepada Allah dan aku bertaubat kepada-Nya” ( H.R Bukhori)

Keutamaan Membaca Dzikir Pagi Petang

  1. barangsiapa membaca ayat ini ketika pagi. Maka ia akan dilindungi oleh Allah dari berbagai gangguan hingga sore hari. Dan siapa saja yang membacanya ketika sore, maka ia akan dilindungi hingga pagi(H.R Al Hakim, dishahihkan oleh syaikh Al Albani)

  2. Barangsiapa membaca tiga surat (al ikhlas, al falaq dan annas) tiga kali setiap pagi dan petang, maka hal itu sudah mencukupinya dari segala sesuatu ( H.R At Tirmidzi)

  3. Dengan doa ini kita meminta kepada Allah kebaikan hari ini dan sesudahnya juga Supaya terhindar dari kejelekan di pagi hari dan sesudahnya. Juga berisi permohonan agar terhindar dari rasa malas padahal mampu untuk beramal serta supaya terhindar dari kejelekan di masa tua. Di dalamnya juga berisi permintaan agar diselamatkan dari siksa neraka dan kubur

  4. Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam bersabda “ Barangsiapamembaca sayyidul istighfar dengan penuh keyakinan pada sore hari, lalu ia meninggal dunia pada malam itu maka dia masuk surga. Dan demikian juga ketika di baca pada pagi hari” (H.R Bukhori)

  5. Barangsiapa membaca doa persaksian ketika pagi dan petang sebanyak empat kali, maka Allah akan membebaskannya dari api neraka. (H.R Abu Dawud dan An Nasai, Syaikh Bin Baz mengatakan bahwa sanadnya Hasan)

  6. Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam tidak pernah meninggalkan doa ini di pagi dan petang. Di dalamnya berisi perlindungan dan keselamatan pada agama, dunia, keluarga dan harta dari berbagai macam gangguan.

  7. Memebaca doa nomor 10 diatas Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam bersabda “ Barangsiapa membaca doa ini sebanyak tiga kali ketika pagi dan sore, maka tidak ada sesuatupun yang membahayakannya” (H.R At Tirmidzi, Syaikh Bin Baz mengatakan bahwa isnad hadits ini hasan)

Demikian pembahasan dzikir pagi dan petang , untuk dzikir petang klik dzikir petang

Refrensi

Buku Dzikir pagi dan Petang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *